Array

Array adalah sekumpulan data yang mempunyai nama variabel dan tipe data yang sama. karena mempunyai nama variabel yang sama, maka untuk membedakan data yang satu dengan yang lainnya maka digunkanlah nomor index. Bayangkan jika dalam program kita membutuhkan variabel yang banyak, misalnya 100 variabel. Maka, kalau kita harus mendeklarasikan satu-persatu hal ini akan kurang effisien. Maka di Java ada konsep yang dinamakan dengan array.

Deklarasi Array

Untuk mendeklarasikan array bisa digunakan beberapa cara sebagai berikut: Tidak menyebutkan berapa jumlah elemen array. Untuk menyatakan berapa elemen dalam array, bisa diberikan setelah pendeklarasian. Format umumnya sebagai berikut:

typeData[] namaArray;

atau bisa juga

typeData namaArray[];

Kurung siku bisa ditulis setelah tipeData atau namaArray-nya.

Untuk menyatakan berapa elemen dalam array gunakan format umum sebagai berikut:

namaArray = new tipeData[jumlahElemen];

Untuk mendeklarasikan array dengan menyebutkan jumlah elemen yang bisa dimuat dalam array, menggunakan format umum sebagai berikut:

tipeData[] namaVariabel = new tipeData[jumlahElemen];

Untuk mendeklarasikan array dengan tidak menyebutkan jumlah elemen yang bisa dimuat dalam array tetapi langsung mengisinya dengan elemen-elemen array-nya, menggunakan format umum sebagai berikut:

tipeData[] namaVariabel = {elemenKe-1, elemenKe-2, elemenKe-3, …, elemenKe-n}

Memberikan nilai pada array Untuk memberikan nilai pada array, dengan cara menyebutkan nomor index-nya. Ingat, bahwa array bisa menampung data lebih dari satu dan setiap elemennya mempunyai nomor index untuk membedakan dengan elemen yang lain. Format umum untuk memberi nilai array pada nomor index tertentu adalah sebagai berikut:

namaArray[nomorIndex] = nilai;

Mengetahui elemen array Untuk mengetahui elemen array pada index tertentu, maka bisa digunakan format umum sebagai berikut:

namaArray[noIndex];

 

Mengetahui kapasitas (elemen) array Untuk mengetahui kapasitas (jumlah) elemen yang bisa ditampung array digunakan method length, bentuk umumnya adalah sebagai berikut:

namaArray.length;

Array Multidimensi

Array multidimensi diimplementasikan sebagai array yang terl etak di dalam array.  Array multidimensi dideklarasikan dengan menambahkan jumlah tanda kurung setelah nama array.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s