Perulangan

Dalam pemrograman ada dua jenis perulangan, yaitu perulangan yang sudah diketahui dengan pasti jumlah perulangannya dan yang tidak diketahui jumlah perulangannya.Yang dimaksud dengan perulangan yang sudah diketahui jumlah perulangannya adalah pembuat program sudah mengetahui dengan pasti berapa kali statement dalam blok perulangan yang harus dikerjakan. Sedangkan perulangan yang tidak pasti, statement yang dikerjakan dalam blok perulangan tidak diketahui dengan pasti jumlah perulangan yang dikerjakan, misalnya suatu statement akan diulang apabila user meng-input-kan data lebih besar dari 5. Dalam Java perulangan yang sudah diketahui dengan pasti jumlah perulangannya bisa diimplementasikan menggunakan for… sedangkan untuk perulangan yang tidak diketahui dengan pasti bisa menggunakan jenis perulangan while atau do – while.

Perulangan for

Ada tiga komponen utama yang harus diperhatikan dalam penggunaan perulangan for, Tiga komponen tersebut sebagai berikut:
Variabel pencacah

Variabel ini digunakan untuk mengontrol jumlah perulangan yang dikerjakan. Setiap kali perulangan dikerjakan maka nilai variabel ini akan selalu berubah. Nilai dalam variabel dapat berubah semakin besar (increment) atau semakin kecil (decrement).

Persyaratan
Persyaratan yang digunakan agar perulangan dikerjakan. Syarat ini bisa berdasarkan nilai dalam variabel penghitung atau variabel lain (yang telah dideklarasikan sebelumnya) menggunakan operator relasional.

Peubah variabel pencacah

Statement peubah variabel pencacah bertugas merubah nilai dalam variabel pencacah selama perulangan terjadi. Perubahan nilai dapat semakin besar (increment) atau semakin kecil (decrement).

Bentuk umum perulangan for sebagai berikut:

for (variabelPencacah; persyaratan; peubahVariabelPencacah) {  statement

  …

  …

}

For Bersarang (Nested for)

Yang dimaksud dengan nested for adalah apabila di dalam blok statement perulangan terdapat perulangan lagi.

Perulangan while

Perulangan while pengecekan kondisi (syarat) perulangan dilakukan sebelum eksekusi statement yang diulang. Dalam keyword perulangan while tidak terdapat instruksi langsung untuk pengubahan nilai variabel pencacah. Untuk mengubah nilai variabel pencacah maka pada blok statemen yang diulang  disisipkan instruksi yang digunakan untuk merubah nilai variabel pencacah tersebut (increment/decrement). Bentuk umum dari perulangan while adalah sebagai berikut:

while (kondisi) {  statement

  …

  …

}

Perulangan do-while

Berbeda dengan perulangan while, pada perulangan do-while pengecekan kondisi (syarat) perulangan dilakukan setelah eksekusi statement yang diulang. Sehingga statement dalam blok do-while paling sedikit dieksekusi satu kali. Bentuk umum perulangan do-while:

do {  statement

  …

  …

}

while (kondisi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s